Ikan Ini Ternyata Adalah Pembersih Aquascape Yang Baik

Ikan Hias Pembersih Aquarium

Ketika anda membaca judul ini mungkin berfikir tulisan ini adalah karangan sang penulis, siapapun anda pasti sangat familiar dengan jenis ikan hias air tawar yang pakan utamanya adalah ganggang.

Ikan ini sangat baik untuk membersihkan ganggang dari akuarium aquascape anda, akan tetapi dibalik semua yang anda ketahui tentang kabaikan memelihara ikan pemakan ganggan ini dalam akuarium ada batasanya, dan jika anda tidak jeli akan perilaku ikan Chinese Algae Eater ini, akan ada banyak korban dari keganasan dan keagresifan ikan pemakan ganggang ini.

Untuk itu kali ini saya ingin berbagi pada anda tentang ikan jenis ini, agar kita semua lebih bijak sampai kapan harus memelihara ikan ini di akuarium bersama dengan jenis ikan hias aquascape lainaya. Untuk itu sebelumnya mari kita kenali dengan melihat profilnya lebih jauh terlebih dahulu.

Chines Algae Eater


Chinese Algae Eater dengan nama latin Gyrinocheilus aymonieri, ikan ini juga familiar dengan banyak jukan, seperti India Algae Eater, Sucker Loach, Sucker Ikan dan Golden Algae Eater.

Ikan ini adalah ikan asli dari Asia. Nama sebenarnya Chinese Algae Eater adalah gen tunggal dari keluarga Gyrinocheilidae, yang termasuk keluarga kecil ikan cypriniform dari Asia Tenggara yang hidup di sungai air tawar gunung yang mengali sangat deras.

Ikan ini memiliki mulut yang memungkinkan untuk melekat pada benda yang ada di dasar sungai yang mengalir deras pada habitat aslinya. Mulut ini disebut suckermouth adalah suatu bagian perut berorientasi (inferior) mulut diadaptasi untuk merumput di alga dan organisme kecil yang tumbuh pada objek yang terendam.

Yang lebih unik dari ikan ini dan kerabatnya adalah adanya sebuah celah insang dengan dua sisi. Air masuk melalui satu lubang, dan melalui daun lainnya. Hal ini memungkinkan ikan untuk bernapas tanpa harus mengambil udara melalui mulut, yang digunakan untuk berpegang teguh pada permukaan.

Klasifikasi Ikan Hias Chinese Algae Eater

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Cypriniformes
Family Gyrinocheilidae
Genus Gyrinocheilus
Species Gyrinocheilus aymonieri

Cara Merawat Ikan hias Chinese Algae Eater


Ikan ini merupakan ikan hias air tawar yang mudah dipelihara untuk para penghobi pemula, ikan hias ini tidak mudah mati. Bahkan walaupun kondisi air sudah di anggap menjadi racun bagi ikan hias lain, ikan ini tetap bisa bertahan hidup, akan tetapi jangan membuat air dengan kondisi yang tidak baik dengan sengaja.

Kondisi air yang paling ideal untuk merawat dan memelihara ikan Chibese Algae Eater adalah air yang memiliki suhu 75 ° F - 80 ° F (24 ° C - 27 ° C) dengan pH 6,5 - 7,5.

Untuk akuarium yang ideal dalam merawat ikan Cina Algae Eater yang mampu menampung air sebanyak 208 liter. Dengan menambah berbagai jenis tanaman aquascape juga akan membuatnya semakin nyaman berada di akuarium. Jika dipelihara dengan baik ikan ini bisa bertahan hidup hingga 5 hingg 10 tahun.

Karena kepopulerannya ikan ini sebagai ikan yang mudah dipelihara, ikan hias ini seringkali dicampur dengan ikan hias lain karena sifatnya yang pendamai.

Dengan memelihara ikan Chinese Algae Eater sangat membantu untuk membersihkan akuarium dari tumbuhnya ganggang dan alga, dengan catatan anda harus memisahkan ikan Chinese Algae Eater dikala usianya sudah dewasa. Karena seiring bertambahnya usia ikan ini akan semakin berkurang untuk memakan ganggang dan alga.

Saat dewasa ikan Cina Algae Eater akan sangat teritorial, dan lebih mengerikan lagi jika sahabat tidak memisahkan ikan ini dengan ikan lainya, ikan hias yang lain akan menjadi sasaran dan hisapan dari mulut ikan yang tadinya hanya pemakan ganggang dan alga.

Dan yang lebih mengejutkan lagi ikan chinese Algae Eater, bisa merusak sisik sisik ikan yang menjadi sasaran hisapanya, yang akhirnya menjadi luka dan berujung dengan kematian pada ikan tersebut.

Inilah alasan kenapa saya memberi artikel ini dengan judul tulisan ini Mengerikan ! Ternyata Ikan ini pembersih Aquascape Yang Baik Untuk Akuarium. Dengan tulisan ini semoga memberi manfaat pada anda khususnya penghobi ikan hias.


EmoticonEmoticon